Cara Membuat Blog di Blogger.com

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Itulah tadi yang sempat saya sampaikan sedikit mengenai Sejarah Blogger.com. Sekarang akan saya lanjutkan secara rinci yang disertai dengan gambar, Cara Membuat Blog di Blogger.com.

1. Siapkan akun Gmail yang aktif. Kalau belum memiliki akun Gmail, silahkan buat yang baru. Klik disini untuk melihat Cara Membuat Akun Gmail

2. Buka https://www.blogger.com/

3. Masukkan email anda dan klik Berikutnya

4. Ketikkan password Gmail anda dan klik Masuk

5. Konfirmasikan profil anda. Dibagian ini, anda bisa memilih Profil Google+ atau Profil Blogger. Saya lebih menyarankan anda untuk memilih Profil Google+, karena jika anda selesai membuat postingan di blog anda nantinya, anda bisa langsung membagikannya secara otomatis di Google+.
Klik Buat Profil Google+

6. Akan terbuka halaman Google+
Klik Create Profile

7. Di halaman selanjutnya, anda akan diperintahkan untuk membuat avatar atau gambar profil kecil untuk akun Google+ anda. Contohnya seperti gambar di bawah.

Setelah anda selesai mengupload gambar avatar anda, klik Save.

8. Anda akan langsung dialihkan kembali ke halaman Blogger
 Klik Lanjutkan ke Blogger

9. Selanjutnya muncul gambar seperti ini

Klik Blog Baru untuk segera membuat blog anda.

10. Kemudian akan muncul pop-up seperti gambar dibawah

Isi Judul dan Alamat Blog yang akan anda buat (no.1 dan no.2). Lanjutkan dengan memilih template blog anda (no.3). Template tersebut hanyalah template sementara, dan anda bisa menggantinya dengan template yang sesuai dengan keinginan anda. Cara mengganti template di blog akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Klik Buat Blog!

11. Sekarang blog anda sudah jadi.

Klik Lihat Blog seperti gambar diatas untuk melihat blog anda.

12. Beginilah nanti tampilan blog baru anda.

Gambar diatas adalah contoh tampilan blog anda. Silahkan memulai menulis artikel yang sesuai dengan keinginan anda. Kalau anda memang hobi menulis, alangkah baiknya anda tuliskan saja di blog anda karena dengan adanya blog ini, anda bisa membagikan semua tulisan-tulisan anda di internet, dan seluruh dunia bisa mengetahuinya.

13. Selesai

Terima Kasih

0 Response to "Cara Membuat Blog di Blogger.com"

Post a Comment